Hasil Kerajinan Tangan Napi Majene, Raih juara Tiga Pameran Industri di Jakarta

Hits: 16

BANNIQ.Id.Jakarta| Keranjang pakaian dari anyaman lidi daun kelapa hasil karya Narapidana Rumah Tanahan Negara (Rutan) Kelas II Majene Sulbar berhasil menyabet juara tiga untuk kategori kerajinan pada pameran produk unggulan Napi di Plaza Perindustrian Jakarta. Jumat (29/3).

Piagam penghargaan diserahkan langsung Direktur pembinaan Napi latihan kerja dan produksi Yunaedi. Penghargaan itu diterima langsung oleh Kasubbid Registrasi, Informasi dan Komunikasi Kemenkumham Sulbar, Asni Najamuddin yang juga merupakan penanggung Jawab Stan.

Pada kesempatan itu produk lampu kerang dari Lapas Pemuda Tangerang meraih juara satu sementara untuk posisi juara dua diraih Rutan Manado untuk produk kerajinan jam batok kelapanya.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Ham Sulawesi Barat Harun Sulianto mengatakan Pameran yang dibuka secara resmi Wapres Jusuf Kalla pada Selasa (26/3) itu diikuti 512 Lapas dari seluruh Indonesia.

Setiap Lapas atau Rutan memamerkan produk kerajinan unggulan mereka. Selain produk lidi dari Rutan Majene, Kemenkumham Sulbar juga memamerkan roti dan kripik pisang dari Lapas Polewali Mandar, meja serbaguna Rutan Pasangkayu, tas rajutan tali Rutan Mamasa dan tempat tisu dari serbuk gergaji Rutan Mamuju.

“Tapi untuk kategori produk pangan, mebeler, karya seni,fashion dan souvenir hotel kita masih kalah,” kata Harun.

Meski begitu, Harun tetap mengapresiasi atas pencapaian yang berhasil diraih para jajarannya itu. Sebab menurutnya pesaing dalam pameran tersebut cukup banyak dan berkualitas.

Setiap produk yang akan tampil dikurasi oleh tim independen yang dibentuk panitia. Produk yang dianggap tidak berkualitas tidak akan diikutkan dalam pameran dan lomba itu,” karena ini pameran produk unggulan, jadi produk anyaman lidi Rutan Majene ini cukup berkualitas dan sudah dipajang di Mall Sarinah Jakarta,” ungkap Harun./Chali~S

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *